Berita > News

Ruang Mesin Queen Mary Terbakar

Diahi
Ilustrasi Kebakaran Kapal (Foto: kompas.com)

TERNATE - KM Queen Mary, kapal penumpang yang melayari rute Ternate – Babang Halmahera Selatan, sekitar pukul 15. 30 WIT, Senin 25 Januari 2021, nyaris dilalap api, saat berlabuh di Pelabuhan Dufa Dufa Ternate.

Kobaran api terjadi di ruang mesin, yang diduga bersumber dari hubungan listrik arus pendek pada dinamo mesin listrik yang digunakan untuk penerangan dalam kapal itu. ABK kapal mengaku sempat mengalami kesulitan menjangkau ke kamar mesin karena  asap tebal. Saat itu mesin kapal juga dalam kondisi hidup.

"Tong mo kasan di titik api stengamati, baru sementara mesin lampu itu masih hidup,  jadi bukan mesin induk tapi mesin lampu untuk listrik di situ yang dia koslet, kabel dari dinamo dia angus," kata Attauba Takome, Nahkoda Queen Mary.

Baca Lainnya :

Dia mengatakan, saat itu tak ada orang dalam ruang mesin.

Untuk memadamkan api, ABK kapal kemudian menggunakan tabung pemadam kebakaran milik kapal tersebut. Seorang ABK mengatakan kapal itu memiliki 7 unit tabung pemadam kebakaran. Dan beberapa saat setelah ABK berupaya memadamkan api agar tidak menyebar ke bagian lain kapal.

Setelahnya, datang pertolongan dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ternate, yang mengerahkan 3 unit Mobil Damkar ke lokasi hingga api benar-benar dapat dipadamkan.

Komandan Regu Dinas Damkar Kota Ternate, Iswan Abdila, mengatakan pertama kali mendapat infomasi kebakaran itu melalui telpon dari pihak kapal. Dan 15 menit setelah tiba di lokasi, api akhirnya benar-benar bisa dipadamkan.

Terbakar
Kapal
KapalMotor

Penulis : Asri Sikumbang

Komentar