Berita > News

Pj Wali Kota Ternate Tertibkan Terminal Gamalama

Diahi
Pj Wali Kota Ternate, Hasyim Daeng Barang, saat turun langsung ke Terminal Gamalama Ternate (Foto: DiahiNews/Asri Sikumbang)

TERNATE - Mengantisipasi kemungkinan terjadi kemacetan menjelang puasa ramadhan, Pj Wali Kota Ternate, Hasyim Daeng Barang, sekitar pukul 16.00 WIT, Selasa 30 Maret 2021 turun langsung ke Terminal Gamalama Ternate.

Tiba di lokasi terminal, Kadis ESDM Pemprov Malut itu menyambangi ruang tunggu terminal sementara yang berada di bagian selatan dari kawasan terminal. Di situ dia menjumpai sejumlah sopir angkutan umum sedang asik bermain domino.

"Torang mo ator akses masuk ke terminal, jadi sudah tidak ada lagi di pinggir jalan, jadi saya minta untuk kerja sama bapak-bapak, Torang sementara mau fungsikan terminal di dalam," ujar Hasyim pada para sopir itu.

Baca Lainnya :

Dia kemudian berdialog dengan mereka. Salah satu diantara sopir itu lantas menyampaikan jika memang harus dibongkar, Pemkot Ternate harus menyiapkan tempat pengganti. Hasyim pun langsung menyanggupi permintaan itu.

Tak sampai disitu, dia juga memberikan arahan dalam apel gabungan yang berlangsung di dalam terminal, terutama pada jajaran Dinas Perhubungan Kota Ternate agar supaya tidak hanya angkutan umum yang ditertibkan ke dalam terminal tetapi berlaku juga pada kendaraan yang dipakai berbela di pasar, tak lagi diparkir di badan jalan namun ke dalam lokasi terminal bagian barat.

Lokasi terminal sementara yang dibongkar itu selanjutnya dijadikan sebagai pintu masuk angkutan kota dari arah Selatan. Sementara angkutan kota dari arah utara memasuki terminal dari pintu utama di bagian utara.

Dia berharap ikhtiar itu meniadakan kemacetan pada areal di depan pasar higienis, yang selama ini terjadi akibat penumpukan kendaraan angkutan umum di depan jalan masuk terminal sementara yang berhadapan dengan pasar.

Terminal
TerminalGamalama

Penulis : Asri Sikumbang

Komentar