Berita > News

Pj Wali Kota Minta BPKP Audit PDAM

Diahi
(PJ Wali Kota Ternate, Hasyim Daeng Barang (Foto: DiahiNews/Asri Sikumbang)

TERNATE - Pj Wali Kota Ternate Hasyim Baeng Barang, Kamis 25 Maret 2021 pagi menyambangi PDAM Ternate. Hasyim kemudian menggelar pertemuan dengan direksi dan jajaran perusahaan daerah milik Pemkot Ternate itu.

Dalam pertemuan itu direktur dan jajaran PDAM ternyata tak bisa menjelaskan kondisi perusahaan sebagaimana yang diminta Hasyim. Dari pertemuan itu pula terungkap bahwa dalam dua tahun terakhir, perusahaan itu tak pernah diaudit.

Karena itu kemudian meminta Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ternate menyurati BPKP Perwakilan Maluku Utara untuk melakukan audit. "Ternyata tadi pimpinan dengan semua di PDAM tidak mampu menjelaskan secara teknis dan terperinci sehingga saya minta tadi, saya bilang pe Kaban BPKAD tadi segera bikin surat ke BPKP untuk audit," ungkap Hasyim.

Baca Lainnya :

Dalam pertemuan itu direksi PDAM meminta agar Pemkot Ternate memberikan penyertaan modal kepada PDAM. Karena itu dia meminta diagendakan kembali rapat dengan direksi PDAM pada hari Senin 28 Maret 2021 sehingga dia sebagai Pj Wali Kota mengetahui alasan permintaan itu.

"Saya mau mengecek bagaimana pola manejemen di PDAM seperti apa, karena tadi bahasa rapat, mereka (PDAM) meminta pernyataan modal.”

Hasyim mengatakan dirinya ingin mengetahui kondisi pendapatan, pengeluaran, tunggakan, dan pelayanan yang diberikan PDAM. Karena itu melalui audit, semuanya akan diketahui.

"Kita akan lihat organisasi ini sakit ngga, kalau sakit ya kita akan evaluasi," pungkasnya.

PDAM
PDAMTernate

Penulis : Asri Sikumbang

Komentar