Berita > News

Jelang Kedatangan Presiden, BMKG Diperintah Pantau Cuaca

Diahi
Vianca Adjie Dwi Putra, Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate (Foto: DiahiNews/Asri Sikumbang)

TERNATE - Presiden RI Joko Widodo direncanakan akan melakukan kunjungan kerja ke Halmahera Utara. Menjelang kedatangan RI 1 itu, berbagai persiapan mulai dilakukan, termasuk memantau kondisi cuaca.

“BMKG diperintahkan melakukan pemantauan kondisi cuaca penerbangan hingga beberapa hari ke depan dan berkoordinasi dengan pihak bandara,” ungkap Vianca Adjie Dwi Putra, Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate, kepada DiahiNews Minggu 21 Maret 2021 di ruang kerjanya.

BMKG diperintahkan untuk memantau tiga wilayah: Ternate, Kao dan Sanana.

Baca Lainnya :

Vianca menduga pemantauan udara pada tiga wilayah berkaitan dengan jalur kunjungan.

Kondisi cuaca di Maluku Utara sendiri menurut dia dalam beberapa hari ke depan masih diwarnai oleh intensitas hujan ringan hingga lebat. Wilayah yang diperkirakan memiliki intensitas hujan lebat adalah Morotai dan sekitarnya.

"Sedangkan wilayah Maluku Utara lainya itu ada potensi hujan ringan hingga sedang" ujar dia.

Mengenai jarak pandang pesawat pada saat take off maupun landing, dia menjelaskan BMKG bisa memperkirakan setelah melakukan observasi langsung.Meski begitu, curah hujan ringan hingga sedag tidak terlalu berdampak pada jarak pandang.

“Kalau kondisi cuaca cerah; jarak pandang bisa di atas 10 kilo meter, tapi kalau hujan ringan hingga sedang; itu bisa 7 hingga 9 kilo meter,” jelas Vianca.

Untuk saat ini, angin bertiup dari Barat Daya sampai Utara denan kecepatan hingga 40 kilo meter/jam.

Terpisah Kepala UPBU Sultan Babullah Ternate, Agus Heriyanto mengatakan Bandara Babullah hanya disiapkan sebagai bandara alternative, jika terjadi cuaca buruk di Bandara Kao Halmahera Utara. Dan jika pesawat yang membawa presiden dialihkan untuk mendapat di Bandara Babullah, maka pihaknya sudah siap dan seluruh pelayanan komersil dan aktifitas lainnya dihentikan.”Pada intinya kita siap,” kata dia.

Kunjungan
Presiden
RI

Penulis : Asri Sikumbang

Komentar