Berita > News

Dua Remaja Terciduk Bawa Ganja Hampir Setengah Kilo

Diahi
Kedua tersangka, Ilham Maulana alias Ilham (kiri) dan Rahul Mauludin alias Rahul (kanan) (Foto: DiahiNews/Indra Alting)

TERNATE - BNN (Badan Narkotika Nasional Provinsi) Provinsi Maluku Utara menggagalkan peredaran narkoba jenis ganja dari tangan dua remaja di Kota Ternate. Keduanya; Ilham Maulana alias Ilham (18 tahun) dan Rahul Mauludin alias Rahul (20 tahun), ditangkap sekitar pukul 11.47 WIT, Minggu 21 Maret 2021, dengan barang bukti 198 sachet Ganja (Cannabis) kering dengan total berat 445 gram.

Penangkapan narkotika golongan satu ini bermula dari informasi yang diterima petugas BNNP Malut, bahwa akan ada pengiriman paket ganja melalui salah satu jasa ekspsedisi di Ternate.

Mendengar hal itu, petugas petugas BNNP Malut bergegas menuju jasa ekspedisi yang dimaksud. Ilham Maulana dan Rahul Mauludin ditangkap tepat di depan jasa ekspedisi dimaksud usai mengambil paket ganja tersebut, lalu dibawa ke Kantor BNNP Malut untuk didalami.

Baca Lainnya :

Selain barang bukti ganja kering siap edar, dari tangan tersangka juga disita 1 telepon genggam merk Xiaomi, yang diduga menjadi alat komunikasi guna memesan ganja.

"Maraknya peredaran ganja, disinyalir menyasar pelajar dan mahasiswa di Maluku Utara khususnya di Ternate. Sebagai contoh pekan lalu, petugas kepolisian menangkap pelajar yang menyalahgunakan ganja," ungkap Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol. Roy Hardi Siahaan, dalam keterangan tertulisnya.

Menindaklanjuti asumsi itu, BNNP Malut sendiri bakal membuat program pencegahan, yang direncanakan akan dirilis pekan depan. Program itu diharapkan dapat mencegah peredaran narkoba di kalangan pelajar.

Barang bukti ganja kering (Foto: DiahiNews/Indra Alting)

Selain itu, ia menambahkan, ganja sebagai salah satu jenis narkotika golongan I itu, dapat merusak otak dan berdampak pada perubahan perilaku sekaligus karakter, sehingga penyalahgunaanya dapat berpotensi bagi si pengguna untuk melakukan tindakan kriminal. Oleh sebab itu dirinya menegaskan patut diwaspadai peredaran Narkotika jenis tanaman ini oleh masyarakat Maluku Utara. 

Kepada kedua tersangka, disangkakan pasal 111, dan 131 Undang undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan dakwaan menguasai, menyimpan dan pemufakatan jahat dengan tuntutan minimal 5 tahun penjara dan maksimal 20 tahun.

Ganja
Narkotika
BNNMalut

Penulis : Indra Alting

Komentar