Berita > News

Balai Karantina Gagalkan Penyelundupan Burung Paruh Bengkok

Diahi
Balai Karantina menggagalkan penyelundupan burung paruh bengkok ke Bitung Sulawesi Utara (Foto: Istimewa)

TERNATE - Puluhan burung paruh bengkok yang hendak diselundupkan ke Bitung Sulawesi Utara, berhasil digagalkan petugas Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate. Peristiwa ini terjadi pada hari Kamis 1 April 2021.

Burung paruh bengkok yang hendak diselundupkan itu sebanyak 22 ekor, melalui sebuah kapal perintis yang melakukan perjalanan dari Pulau Obi Kabupaten Halmahera Selatan. Puluhan satwa itu diamankan saat kapal tiba dan berlabuh di pelabuhan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula.

Keberadaan burung itu diketahui setelah dilaporkan sekitar pukul 18.00 WIT oleh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di pelabuhan tersebut. Setelah menerima informasi itutiga petugas dari Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate Wilayah Kerja Kepulauan Sanana langsung melakukan penindakan di lapangan.

Baca Lainnya :

"Setiap kapal masuk kan pengawasan, nanti yang bantu kita di situ (pelabuhan) itu mereka (TKBM)" ujar Wahyu Samurwat, Sub Koordinasi Karantina Hewan, Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate  pada DiahiNews, Jumat 2 April 2021 di ruang kerjanya.

Biasanya, menurut dia, barang atau hewan yang diselundupkan, disimpan pada areal paling bawah dalam kapal; seperti di arael masin. Akan tetapi kali berbeda. Burung sitaan itu letakan begitu saja dia ruang terbuka atau dek bagian atas dan disimpan dalam dos.

“Paginya baru dilakukan peyerahan burung sitaan itu ke pihak BKSDA wilayah kerja Sanana.”

Burung paruh bengkok yang akan diselundupkan ke Bitung Sulawesi Utara (Foto: Istimewa)

Sayangnya, petugas tak bisa memastikan siapa pelaku penyelundupan dan penerima, karena tidak ada yang mau mengaku, baik pihak kapal maupun penumpang kapal.

Setelah diamankan, puluhan burung itu akan dilserahkan pada Balai Konservasi Sumber Daya Alam Maluku Utara.

Ada pun burung yang disita itu terdiri dari 4 ekot Kasturi Ternate dan 18 ekor Perkici Namlea dan semuanya dalam kondisi baik.

Penyelundupan
Burung
ParuhBengkok

Penulis : Asri Sikumbang

Komentar