Berita > Good News

Pemegang Kartu JKN-KIS Akui Manfaatnya

Diahi
Maulana Ibrahim, salah satu peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan (Foto: DiahiNews/Risman A.M Djen)

TERNATE - Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), diakui manfaatnya oleh pemilik kartu itu. Maulana Ibrahim (38 tahun), dosen arsitek Universitas Khairun Ternate, misalnya membenarkan hal itu.

"Dengan terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, saya bersama keluarga merasa terlindungi oleh negara, hak dasar atas kesehatan yang sebagaimana mestinya kami peroleh telah dijamin," ujar Maulana. 

Selain itu, dengan adanya Program JKN-KIS ini, dia juga belajar bergotong royong dan saling membantu dengan masyarakat yang lain.

Baca Lainnya :

"Ini karena setiap iuran yang kita kumpulkan tidak hanya dirasakan oleh kami saja tetapi juga oleh masyarakat lain," terang Maulana saat ditemui oleh Tim BPJS Ternate di kediamannya di Ternate Utara.

Meskipun sudah ada Program JKN-KIS yang akan mengcover apabila ia dan Keluarganya sakit, Maulana menghimbau agar masyarakat tetap menjaga pola hidup sehat.

“Sakit itu sangatlah mahal, oleh karena itu kita harus menjaga pola hidup sehat meskipun sudah ada ada Kartu KIS yang akan mengcover apabila suatu saat nanti sakit. Kita yang selalu menjaga pola hidup sehat saja masih bisa terserang penyakit, apalagi yang tidak menjaga pola hidup sehat” kata Maulana.

Maulana juga mengatakan, selama ini yang baru memanfaatkan Kartu KIS adalah anaknya yang baru berusia 3 tahun. Meskipun baru sekali digunakan, ia tidak merasa keberatan gajinya tiap bulan selalu dipotong untuk iuran Program JKN-KIS, karena ia beranggapan itulah wujud nyata dari gotong royong untuk saling membantu sesama masyarakat.

“Waktu itu anak saya panas tinggi sampe kejang-kejang, langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan, Alhamdulillah kami sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sehingga kami tidak perlu mengeluarkan biaya. Tentu saya dan istri sangat bersyukur dengan adanya program seperti ini” tutur Maulana.

Ia sangat mengapresiasi pelaksanaan Program JKN-KIS ini yang dirasa sudah sangat baik, dan dampak adanya program ini sangat dirasakan oleh masyarakat secara langsung. Baik masyarakat yang mendapat pelayanan kesehatan maupun masyarakat yang saling membantu mengumpulkan iuran yang akan digunakan masyarakat lain yang membutuhkan.

"Sebagai peserta JKN-KIS, saya merasa ikut terlibat dalam upaya negara dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi setiap warganya. Meski belum pernah saya rasakan faedahnya untuk diri pribadi, tetapi sangat membantu ketika anak saya dirawat di rumah sakit."

Maulana mengaku percaya, bahwa ada orang lain yang terbantukan dengan iuran yang rutin ia bayar. 

"JKN-KIS adalah Program yang sangat luar biasa manfaatnya karena melindungi kesehatan masyarakat, kesehatan sendiri merupakan nikmat dari Tuhan yang tak terhitung, oleh karena itu iuran yang dibayarkan tidaklah sebanding dengan manfaat yang akan didapat oleh peserta JKN-KIS" tutup Maulana.

JKN-KIS
BPJSKesehatan

Penulis :

Komentar